Monday, March 24, 2014

HOT2 (Happy or Not bag. 2)

Entahlah, malam ini gue gak bisa tidur, otak gue melayang-layang (boong bener otak bisa melayang, emangnya balon gas?), Kebahagiaan, Sofia, kehidupan gue, berputar-putar di benak gue, kenapa harus Sofia? Ngaca! Sofia anak orang berada, terpandang pula, Bokapnya Kepala Desa (oh Kepala Desa doang? Kirain kelapa muda) yang sangat berwibawa dan disegani di kampung gue, Nyokapnya Kepala SMA gue malah. Jauh banget ma gue, jauh......! di mata dekat di hati...... hiks. Bokap gue meninggal waktu gue masih 3 tahun, trus emak kawin lagi dan menghasilkan Tia (kayak pabrik apa gitu menghasilkan). 


Gue tatap adik tiri gue yang sedang nyenyak di ranjang, dia tidur seranjang sama nyokap, bukan karena manja atau takut tidur sendiri, tempatnya yang gak ada, jadi kami tidur sekamar bertiga, Tia dan nyokap di ranjang, gue di kasur sendiri di bawah. Rumah gue isinya cuma tiga petak, ruang tamu kecil, kamar tidur sekalian ruang keluarga dan ruang makan, dan terakhir dapur sempit dan kamar mandi seadanya. Untungnya kami hidup cuma bertiga, gak kebayang kalo bokap tiri gue kerja menetap di sini, kamar bakal disekat dan pasti jadi semakin sempit, gue bakal tidur di ruang tamu secara permanen.

O iya, bokap tiri gue itu mirip² Bang Toyib gitu, hahaha, berapa bulan sekali baru pulang, kadang sampe setahun penuh, tempat kerjanya katanya jauh… saking jauhnya gak ada di peta (hahaha, becanda, gue kagak tahu pasti, daerah Ambon apa Papua gitu, gue malas nanya ke nyokap, lagian gue gak begitu akrab sama bokap tiri gue). Terakhir pulang sih tahun kemarin, bawa oleh² buat Tia, gue kagak kebagian, gue sih kagak peduli amat, amat aja kagak gue peduliin. Hari kedua bokap tiri gue di rumah entah ngebahas apa sama nyokap sampe larut malam, awalnya bisik² lalu ada nada naik, terus turun lagi, ribut bentar, sunyi lagi, gitu seterusnya, awalnya gue gelisah kagak bisa tidur, lama-kelamaan terdengar kayak orchestra gitu dan gue pun terlelap.

Tiba² besoknya bokap tiri gue udah berangkat lagi, gue prihatin ma Tia, doi kan butuh figur seorang bapak (mangnya gue kagak butuh?). Pagi itu gue baru markir sepeda butut gue sehabis nganter kue jualan nyokap, gue denger suara tangis sayup² dari dalam rumah, pas gue masuk ke dalam, ternyata Tia yang nangis, doi sesenggukan di pelukan nyokap, “Udah jelek, nangis lagi, jadi tambah jelek lu” celetuk gue, eh tangisnya malah meledak, nyokap cuma melototin gue, bruakak, gue langsung menyambar handuk trus ngacir ke kamar mandi. Waktu keluar dari kamar mandi, nyokap dah nungguin gue, gue diceramahin masalah Tia dan bokapnya, gue cuek aja sambil ngambil sarapan, lagi makan pun masih juga diceramahin, ampun dah. Intinya sih gue disuruh lebih nyayangin Tia, menghibur doi gitu bukannya ngejek, lebih perhatian sama doi, bla bla bla, dan seterusnya. Gue cuma ngangguk² sambil sesekali jawab iya.

Tangis Tia dah berenti waktu gue selesai sarapan, doi yang udah make seragam lengkap SMP lagi asik nata rambut kusutnya di depan cermin. Waktu itu gue masih SMA kelas 1 (sekarang disebut kelas X yaw?). Awalnya Tia selalu gue anter kalo ke skul, sekarang SMA gue dan SMP doi berbeda arah, kalo nganter Tia takutnya gue telat nyampe skul, lagian Tia kagak mau gue anter, malu katanya, hedeh, anak muda zaman sekarang, jadinya Tia ke skul naik angkot, gue juga sebenarnya dapat jatah buat naik angkot, tapi gue pikir² mending naik sepeda, lumayan uangnya ditabung, hehe.

“Kak Doni! Anter aku!” tiba² Tia dah berdiri di belakang gue, gue kaget, ternyata nama gue Doni, bukan Delman Laserjet, bruakak.
“Azz, ntar gue telat!” sahut gue sambil naik ke atas sepeda.
“Masih sempat kok! Baru jam berapa juga…” rengek Tia sambil menarik-narik baju gue.
“Males ah, capek, lu kan dah gede, berat, naik angkot aja napa sih?” sahut gue ketus lalu melotot ke arah Tia
“Mama……..!! Kak Doni jahat ma……….!!” Teriak Tia. Nyokap gue langsung nongol di pintu, melotot tajam ke arah gue, sial. Gue gak berdaya ngadepin nyokap -_-

 “Kak, kok jalannya pelan? Ntar aku telat!”
Gue hanya mendengus, lalu mulai mengayuh sepeda gue lebih cepat.
“Kak! Pelan² donk! Ntar jatuh! Ntar ketabrak!” teriak Tia dari belakang sambil mukul pundak gue. Pengen rasanya lompat dari Monas pake sepeda.

Sepanjang jalan Tia tak henti²nya menggerutu, curhat masalah bokap, ya… gue diem aja, prihatin sih, tapi gue gak tau harus bilang apa.
“Bapak jahat! Bapak jahat!” tiba² Tia berteriak sambil gebukin pundak gue.
“Kok gue yang digebukin?” sahut gue meringis.
“Kamu jahat juga!” katanya sambil tetap gebukin pundak gue, “semua laki² jahat!” lanjut Tia. Gue terkesiap, nah loh? Sesampainya di depan gerbang SMP, gue tadahkan tangan ke Tia.
“Ongkos ojeknya mana?”
Tia menoleh, menjulurkan lidahnya dengan mata sembab dan tampang kocak, lalu berlari memasuki halaman sekolah. Yah, paling enggak dia udah agak ceria.

Mengingat kejadian setahun yang lalu membuat gue senyum-senyum sendiri dalam remang kamar, gue tatap lagi Tia, mencoba mengerti sedikit apa yang dia rasakan, ah, gue juga dari umur tiga tahun dah ditinggal bokap, mungkin saja kami senasip, namun gue pikir Tia masih lebih beruntung daripada gue. Pandangan gue beralih ke jam dinding, astaga! Udah jam dua pagi!

*****

Tiba² gue sesak nafas, waktu nyoba narik nafas malah tercium bau busuk gak karuan, badan gue terasa ditimpa pohon kelapa, gue megap² dalam gelap, pas gue buka mata, Tia lagi duduk di atas perut gue sambil menjepit hidung gue dengan kaus kaki andalan dan satu²nya milik gue. Melihat gue membuka mata, Tia langsung kabur sambil cekikikan.

“Tia…………………………….!!!”
“Salah sendiri dibangunin susah banget” sahut Tia dari dapur. Gue langsung melirik jam dinding, udah jam lima pagi, kepala gue masih terasa berat, namun gue paksain juga untuk bangun. Gue pungut kaus kaki gue, lalu mengendap² ke dapur, aha, gue liat Tia lagi asik membungkus kue, gue deketin sambil menyeringai, tinggal beberapa langkah lagi eh tau² nyokap gue nongol, menatap gue dengan tatapan legendarisnya, sial.

Nyokap gue bikin kue basah tiap hari, tugas Tia bantu nyiapin dan membungkus, gue kebagian tugas mengantar ke warung²~yang jualan makanan khusus untuk sarapan dan kue-kue, buka setiap pagi sampai sekitar jam sembilan pagi~langganan. Entah iseng atau buat nambah penghasilan, yang pasti masakan nyokap gue emang enak, buktinya banyak tetangga dan pelanggan yang memuji kegantengan gue… bruaaakak

Keringetan sambil menghirup udara pagi yang segar rasanya fantastis, seperti yin dan yang, hangat dan sejuk secara sempurna dan bersamaan membalut sekujur tubuh gue. Sesekali angin membelai rambut gue seiring laju sepeda, matahari mulai terbit mewarnai langit yang tadinya gelap waktu gue sampai di warung terakhir, warung Mak Jupri, favorit gue. Orangnya ramah, murah senyum, kadang gue dikasih kue juga, tapi disuruh bayar, hahaha sialan. Favorit gue karena… ya siapa lagi kalau bukan makhluk yang satu ini, makhluk yang sukses memonopoli hampir 90% mimpi dan lamunan gue, dan makhluk tersebut sedang berdiri di depan warungnya Mak Jupri.

“Mak Jup, ini kue ketan 10 biji, lumpia 20 bungkus, keripik cecak pedas manis 3 lusin, dicatet ya…” kata gue sambil menata² kue ketan dan lumpia di meja Mak Jupri. Gue sengaja nambahin keripik cecak, ya sapa tau idola gue, Sofia binti Haji Mahmud yang lagi ngantri ketawa mendengarnya. Tapi sayangnya entah mungkin gak mendengar, ekspresi doi datar² aja, jangan² kagak lucu ya? Gue garuk² kepala.
“Lu datangnya kok siangan mulu, Don. Pagian dikit lah… tadi banyak yang nyariin lumpia nyokap lu” kata Mak Jupri sambil membungkus pesanan pembeli ke dalam kresek.
“Maklum Mak Jup, kan warungnya paling ujung, jadi nyampenya belakangan…” sahut gue.
“Ubah aja rutenya, startnya dari warung gue” balas Mak Jupri cepat.
“…..” gue terdiam, bingung nyari alasan, kalo rutenya dirubah, kemungkinan ketemu Sofia pagi² adalah nol persen, gue yakin banget kalo Sofia kagak bakal keluar rumah sebelum matahari terbit, dah gue cek di google kok.

“Berapa semua Mak?” suara Sofia memecah kebuntuan gue.
“4 ribu” jawab Mak Jupri

Sofia berbalik menuju rumahnya setelah menerima kembalian dari Mak Jupri, wah, tumben, biasanya nyapa gue dulu, tapi kebanyakannya sih gue yang nyapa duluan, hahaha, ya sudahlah, yang penting gue dah liat wajah Sofia pagi². Gue masih mematung dengan lemes sambil menatap kepergian Sofia, tiba² doi berbalik, menatap gue, “keripik pedas manisnya berapaan?” kata Sofia nanya ke gue dengan wajah serius. Gue naik roket trus meluncur ke planet Mars. Budek dan bodoh itu ternyata beda² tipis -_-

Bersambung ke HOT3

0 komentar:

Post a Comment

 
;