Tuesday, February 18, 2014

HOT (Happy Or Not)

Kebahagiaan bisa datang dari mana saja dan kadang datang dari jalan yang tak terduga. Misalnya aja detik ini gue merasa bahagia, kenapa? Gue jadi pemeran utama cerpen ini coy! Bruakak. Lu tau sendiri lah, gue ini cakep kagak, keren juga enggak, tajir mah jauh….dalam mimpi, hidup gue nyaris rata tanpa gelombang, so… manusia biasa-biasa aja yang menjalani kehidupan biasa-biasa aja kayak gue didaulat buat mengisi beberapa halaman bener-bener bikin gue merasa sangat senang! kapan lagi cerita gue didenger orang? Biasanya mah curhat ke semilirnya angin malam ini membuatku hanyut dalam lamunan. Sekali lagi, bahagia atau tidak bahagia hanyalah perbedaan dalam hal sudut pandang. Gak percaya? Simak deh!


Hidup ini membosankan, apalagi kalo elu jadi gue, bener! Gue jamin pokoknya, garansi tujuh turunan pangkat tiga belas Agustus tahun empat lima (haha, ngaco!) Padahal menurut gue hidup itu sangat penting, karena saat masih hidup setiap manusia dapat mengejar apa yang diinginkannya. Apa sih yang paling dikejar umat manusia dalam hidupnya? Ada beragam jenis jawaban, tapi semua mengarah ke satu kata, kebahagiaan. Tapi, Tono~temen akrab gue satu-satunya yang betah bergaul ma gue sejauh ini~tidak terlalu setuju dengan pendapat gue yang ini, katanya sih ada aja orang yang masih berusaha memperjuangkan hidupnya meski dia sama sekali tidak bahagia. Ee..pas gue suruh sebutin contohnya, dia cuma diam, parah ni orang, sama aja kayak orang yang memprotes ‘oy, bukan gitu caranya!’ tapi pas ditanya ‘trus cara yang bener gimana’ malah jawab ‘kagak tau’, suram.

Beberapa hari kemudian, sekitar jam 7 malam ada yang ngetuk pintu rumah gue, pas gue buka eh ternyata si Tono, gue suruh masuk, tapi dia tetap mematung di depan pintu, gue tanya ada apa, dia jawab ‘masokis’. Aneh bener ni anak, gue miringkan kepala gue 20 derajat ke kanan dengan ekspresi bingung, doi malah berbalik, ngidupin sepeda motor, lalu pulang. Apa-apaan? Tono emang manusia penuh misteri, ga banyak bicara, kalo pertama ketemu banyak yang mengira bisu, tapi jangan salah, diemnya doi bukan bloon, cuma gagap doank, bruakak. Masokis, kata itu terngiang-ngiang dalam benak gue sepanjang malam.

Ngomong-ngomong masalah misterius, ada lagi nih yang lebih misteri, tetangga gue, tinggal sendiri, apapun yang terjadi di kampung gue, doi kagak pernah keluar rumah, biasanya kepalanya doank yang nongol di balik gorden, itupun cuma beberapa detik, habis itu ngilang lagi. Herannya tetangga-tetangga yang lain kagak pernah mempermasalahkan orang tersebut, gue pernah nanya ke nyokap, eh beliau malah melotot, ‘hus, jangan ngurusin urusan orang! Urus diri lu sendiri!’ nah loh nyokap gue pake ‘lu gue’ juga sekarang, lama-lama gue panggil ‘enyak’ nih, bruakak.

Nyokap gue pedas kalo ngomong, kadang-kadang cerewet, maklum lah orang tua, hahaha, soalnya gue perhatiin nyokap mana aja kalo dah tua emang rada bawel gitu. Tapi satu hal yang bikin gue frustasi sama nyokap, udah bawel, pelit lagi. Kadang gue merhatiin bonyok teman-teman gue, ada yang bawel tapi walaupun sambil ngomel masih kasih duit, ada yang pelit tapi gak banyak ngoceh, kayak pembunuh berdarah dingin gitu.

Seakan frustasi yang diberikan nyokap belum cukup, eh nambah lagi satu duplikatnya nyokap, Tia, adik gue, sama bawelnya, persis pelitnya, tambah lagi jail minta ampun. Beda banget dibanding Sofia, jauh… jauh sejauh-jauhnya… kayak lagu Malaysia gitu. Semakin gue memikirkan kehidupan gue, semakin jadi depresi. Ujung-ujungnya curhat ke Tono, yah… curhat ma doi mah kurang lebih curhat sama rumput yang bergoyang, kadang-kadang ngangguk-ngangguk, kadang-kadang geleng-geleng, kadang-kadang gue yang bingung, sebenarnya yang sarap itu Tono apa gue sih?

Iya, beda banget dibanding Sofia, bukan hanya jika dibandingin ma Tia, di mata gue nih, antara Sofia dan gadis remaja di kampung gue bagaikan permata di antara batu-batu kerikil, cantik luar dalam atas bawah kiri kanan ku lihat saja banyak pohon cemara (kumat konsletnya). Nah loh jauh banget ngawurnya, gara-gara mikirin ‘masokis’ ujung-ujungnya lari ke Sofia.

Memang sih gue kadang suka sotoy, kadang suka ngawur, kadang suka nasi goreng, tergantung mood lah mau makan apa, bruakak. Akhirnya gue berbaring, menatap dinding kamar~ada poster Rhoma Irama, besok gue ganti posternya, ntar dikira nyama-nyamain poster di dinding sekolahnya novel Laskar Pelangi~sambil mikirin Sofia, ah, senyumnya, bantal jadi terasa empuk, padahal kalo ditimpuk ke dinding bisa jebol, untungnya Tia kagak doyan main timpuk-timpukan bantal, bisa penyok asset-asset berharga yang menempel di wajah gue yang bergelar muka ganteng minta ampun setengah mati digebukin massa sejuta ummat, dari gelarnya aja dah ketahuan kalo gue mirip artis, artis zaman Pithecanthropus Erectus (tinggal klik gan kalo penasaran, kalo dah tau gimana tampang si Pithecan gue sih maklum aja, kan masih kerabat dekat sama agan, makanya buruan di klik biar enggak dikira mirip, pura-pura penasaran juga gapapa).

Gue jadi teringat suatu hari Tono ngajak makan, gue tanya makan di mana, ikut aja lah katanya, ya gue ngikut aja tau-taunya malah ke KFC, buset, bukannya apa, tampang kriminal kayak gue jangankan masuk KFC, lewat parkirannya aja pasti diuber orang dikira maling motor. Makanya jangan mau jadi orang susah gan, yang udah terlanjur susah juga jangan betah hidup susah! Usaha apa kek. Jadi orang kaya enak diliatnya, mondar-mandir showroom, keluar masuk cafe, resto, mall, distro, bukan kayak gue, umur udah 17 tahun belum pernah masuk KFC.

Pas lagi makan, banyak mata yang menatap risih ke gue, gue mah cuek aja, emangnya ada aturan gak boleh pake sandal jepit? Persetan apa kata orang dengan penampilan gue, yang penting gue kagak nyuri, kagak ganggu orang, lagian makannya bayar kok (yang bayar si Tono tapi). Lagi sibuk-sibuknya ngunyah paha ayam, tiba-tiba Tono nyolek tangan gue, kenapa? Gue tanya, itu ada cewe daritadi senyum-senyum ke gue jawab Tono, GR bener ni orang, masih mending tu cewek senyam-senyum doank, gue pertama kali liat Tono malah mati ngakak sambil gigit sendal. Penasaran juga gue lirik cewek yang dimaksud Tono, eh kayaknya gue kenal, biasanya doi kemana-mana sama Sofia. Akhirnya gue malah celingak-celinguk nyari Sofia, belum puas tengak-tengok, sekarang gue bolak-balik dari pintu ke meja, memastikan keberadaan Sofia, tapi gak keliatan batang hidungnya. Ah, mudah ditebak, mau cerita apapun ujung-ujungnya ke Sofia.


Entahlah, malam ini gue gak bisa tidur, otak gue melayang-layang (boong bener otak bisa melayang, emangnya balon gas?), Kebahagiaan, Sofia, kehidupan gue, berputar-putar di benak gue, kenapa harus Sofia? Ngaca! Sofia anak orang berada, terpandang pula, Bokapnya Kepala Desa (oh Kepala Desa doang? Kirain kelapa muda) yang sangat berwibawa dan disegani di kampung gue, Nyokapnya Kepala SMA gue malah. Jauh banget ma gue, jauh......! di mata dekat di hati...... hiks. Bokap gue meninggal waktu gue masih 3 tahun, trus emak kawin lagi dan menghasilkan Tia (kayak pabrik apa gitu menghasilkan). 

O iya agan-agan apa kagak penasaran nama gue sapa? {(Ya, gak lah, penting juga kagak!) Asem (oh namanya Asem?) (-_-") } Ya sapa aja boleh lah asal jangan Dellman Laserjet.

Ni cerita asmara gue ma Sofia dilanjutin kagak ya? tuh kan, ujung-ujungnya Sofia lagi.
Ya sudahlah, kebetulan billing gue habis, jadi ceritanya  disambung entar, haha, kritik saran tinggal komen gan.  Gratis.

0 komentar:

Post a Comment

 
;